Prinsip

laman

Sabtu, 01 Januari 2011

BERBAKAT TAPI TAK BERPRESTASI SESUAI POTENSINYA!!!


Ilustrasi: Ada tekanan-tekanan yang dialami siswa berbakat untuk menjadi sempurna dan sangat inteligen, keinginan menjadi anak luar biasa dibandingkan yang lainnya, merasa paling kreatif, serta kepedulian untuk dikagumi oleh teman sebaya karena penampilannya untuk memeroleh popularitas.
TERKAIT:
JAKARTA, KOMPAS.com - Anak atau peserta didik berbakat yang diperkirakan tidak berprestasi sesuai potensinya disebut underachiever. Ada beberapa ciri yang melekat pada peserta didik seperti ini.

Menurut Conny R.Semiawan, pemerhati pendidikan yang juga Guru Besar Tetap Program Pascasarjana Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, beberapa ciri umum bisa dilihat pada siswa yang tergolong sebagai underachiever antara lain:
- sikap yang pada umumnya tidak memperlihatkan kematangan
- sikap negatif terhadap kondisi atau keadaan sekolah
- sikap dan kebiasaan belajar yang kurang baik
- sikap rendah diri (inferior) yang kadang berlebihan
- cenderung defensif
- kerap suka menyalahkan orang lain
- merasa memiliki rasa harga diri yang rendah, yang seringkali ditunjukkannya dengan perilaku yang tidak produktif (malas)
- rendahnya produktifitas yang menyebabkan proses belajar yang dilakoninya lebih sering tergantung pada orang lain (learned helplessness)
Superachievement
Conny menuturkan, problematika underachievement memiliki dua sisi. Sisi pertama adalah underachievement dalam arti yang sebenarnya, sedangkan yang kedua adalah underachievement yang disebut dengan superachievement, yaitu tekanan-tekanan yang dialami para peserta didik berbakat untuk menjadi sempurna dan sangat inteligen, keinginan menjadi anak luar biasa dibandingkan yang lainnya, merasa paling kreatif, serta kepedulian untuk dikagumi oleh teman sebaya karena penampilannya untuk memeroleh popularitas.
Menurut Conny, ciri-ciri anak yang mengalami kondisi superachievement antara lain adalah:
- cenderung mengalami stres yang diinternalisasikannya, karena orang-orang di sekitarnya
   terlalu mengagumi dan memujinya
- sulit berkembang dan maju jika segala yang dilakukannya tidak mendapatkan pujian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar